Investasi Reksadana Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Idntrending.com Ada banyak sekali cara untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik salah satu nya adalah Investasi. Dan kini admin akan memberikan beberapa tips atau cara melakukan Investasi Reksadana Yang Menguntungkan Bagi Pemula.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada usia muda kebanyakan orang akan menggunakan waktu yang ia punya untuk melakukan hal hal yang menyenangkan, seperti berfoya foya, hura hura, membeli barang yang bisa menyenangkan hati.

Namun hanya ada beberapa orang saja yang memanfaat usia muda mereka untuk mempersiapkan masa depan seperti halnya melakukan investasi saham dan lainnya.

Yap sesuai dengan judul kali ini admin disini akan membagikan beberapa tips untuk sobat yang ingin memulai berinvestasi, khusus nya investasi reksadana jadi simak penjelasan admin berikut ini ya.

Tapi sebelum admin memberikan beberapa tips Investasi Reksadana Yang Menguntungkan Bagi Pemula, admin terlebih dahulu akan memberikan infromasi terkait dengan definisi dari reksadana itu sendiri.

Apa itu Reksadana ?

Cara Investasi Reksa Dana untuk Pemula | Indonesia.go.id

Ada baiknya jika sobat ingin memulai sebuah usaha ataupun investasi sobat harus mengetahui terlebih dahulu apa yang akan anda mulai seperti halnya dengan memulai investasi reksadana ini.

Sobat harus mengetahui terlebih dahulu apa itu aplikasi reksadana agar sobat paham betul mengenai baik dan buruk nya jika melakukan investasi ini.

BACA JUGA :  Pertambangan Bitcoin Cash (BCH)

Reksa Dana memiliki arti sebagai Wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya dan di investasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Untuk penjelasan singkatnya bisa dibilang sobat memberikan modal untuk melakukan investasi kepada seorang yang paham dan mengerti harus di investiasikan kemana uang yang sobat berikan.

Tentu saja tidak sembarang orang yang bisa menjadi manajer investasi, hal ini bertujuan untuk keamanan sobat dalam melakukan investasi reksadana.

Dalam praktiknya kerjanya, Manajer Investasi bekerja harus didukung oleh tenaga profesional dalam pengelolaan investasi, yang terdiri dari Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi.

cara kerja reksadana itu terbilang sangat mudah dimengerti, sobat hanya perlu menaruh sejumlah uang untuk membeli reksadana, dan memilih jenis reksa dana yang diinginkan dan selanjutnya, manajer investasilah yang akan mengelola investasi Anda.

Cara memulai Investasi Reksadana

Berikut ini adalah beberpa cara untuk memulai investasi reksadana dengan baik dan benar, silahkan di simak ya gaes.

1. Memahami Berbagai macam Reksadana

Sebelum memulai investasi ada baiknya sobat mengetahui macam macam investasi reksadana. Reksadana sendiri memiliki berbagai macam jenis dan disini admin akan memberikan informasinya untuk sobat semua.

Reksadana Pendapatan Tetap

Iinvestasi reksadana pendapatan tetap yakni penempatan dana pada efek utang atau obligasi dengan komposisi minimal 80%. Surat utang atau obligasi bisa berupa obligasi pemerintah atau korporasi (perusahaan).

BACA JUGA :  Em Coin Atau Eminer Indodax Terbaru

Investasi reksadana tetap ini sangat Cocok dipilih untuk investasi dengan jangka waktu menengah yakni 1 tahun – 3 tahun.

(+) Kelebihan :

  • Reksadana ini memiliki tingkat pengembalian yang stabil karena memiliki aset surat utang (obligasi) yang memberikan keuntungan berupa kupon secara rutin. 
  • Cocok untuk investor dengan karakter konservatif dan moderat. Investor yang ingin investasi modal awal (pokok investasi)-nya aman dan tidak berkurang, tetapi tetap bisa mendapat untung. 
  • Return (imbal hasil) lebih tinggi daripada reksadana pasar uang, umumnya bisa naik lebih dari 10% per tahun.

Reksadana Saham

Investasi Reksadana saham menempatkan dananya minimal 80% ke berbagai efek saham dan sisanya, 20% dialokasikan ke pasar uang.

Investasi reksadana saham memiliki resiko tidak sebagus tabungan, investasi bisa untung tinggi dan sebaliknya bisa merugi besar. Tidak hanya itu Reksadana saham tidak bisa dicairkan setiap saat. Butuh waktu pencairan sekitar 3-5 hari kerja sejak transaksi pencairan. 

Investasi Reksadana Saham ini Cocok untuk investor penyuka tantangan dan sudah berpengalaman dalam investasi. 

(+) Kelebihan

  • Return / imbal hasil reksadana saham sangat tinggi dibandingkan reksadana lainnya, tetapi risiko juga tergolong tinggi. 

Reksadana Pasar Uang

Investasi reksadana pasar uang seluruhnya ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti, obligasi (jatuh temponya kurang dari satu tahun), deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).

BACA JUGA :  Cara Membeli Bitcoin - langkah pertama

Investasi reksadana pasar uang  memiliki risiko yang relatif sangat rendah dari sisi default, berkurangnya nilai aktiva bersih (NAB), likuiditas, dsb.

Tidak hanya itu Investasi reksadana pasar uang Bisa dicairkan kapan saja, pencairan sebelum jatuh tempo tidak dikenai pinalti atau potongan.

Investasi reksadana pasar uang juga Cocok dipilih untuk investasi jangka pendek. 

2. Memilih Platform Investasi  yang tepat

Setelah sobat mengetahui jenis jenis dari berbagai macam investasi reksadana tentu sobat mengetahui investasi reksadana apa yang akan sobat lakukan.

Nah langkah selanjutnya adalah dengan memilih platform investasi yang tepat, karena memilih platform investasi akan membantu memudahkan sobat untuk mencapai kesuksesan dalam melakukan investasi.

3. Memastikan Produk Reksadana memiliki Izin OJK

Pastikan reksadana yang kalian ikuti memliki izin dari OJK karena kalau tidak sama saja dengan melakukan investasi secara  bodong atau abal-abal.

4. Menentukan Jangka Waktu Investasi

Menentukan jangka waktu investasi itu sangat penting, karena menentukan jangka waktu investasi sama dengan menentukan tujuan investasi.

Penutup

Demikian infromasi yang bisa admin berikan kepada sobat semua terkait dengan Investasi Reksadana Yang Menguntungkan Bagi Pemula, terima kasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *